Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos Kirim Tagana dan Mobil Dapur Umum ke Mentawai

Kompas.com - 03/03/2016, 19:33 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah mengirim mobil dapur umum lapangan (Dumlap) ke lokasi gempa di Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Kepulauan Mentawai.

Mobil tersebut diyakini sangat berguna untuk membantu masyarakat dalam menyediakan makanan dalam kondisi darurat. Mobil Dumlap, kata Khofifah, sudah merapat Kamis (3/3/2016) pagi ke Mentawai bersama puluhan Tim Siaga Bencana (Tagana). 

"Kita juga telah kirimkan beras. Kalau memang kurang, silakan bupatinya keluarkan SK darurat agar bisa mengeluarkan cadangan beras nasional hingga 100 ton," kata Khofifah.

Di Sumatera, kata Khofifah, Kementerian Sosial memiliki lumbung beras yang ada di Palembang dan bisa sewaktu-waktu disalurkan ke daerah bencana. 

Dalam konteks bencana gempa di Sumbar, Khofifah menegaskan, Kemensos mengurus tanggap darurat, sementara Badan SAR evakuasi warga.

"Untuk evakuasi, kami sifatnya hanya membantu tim SAR. Karena di Mentawai hanya ada 15 orang Tagana. Tim Tagana kami kirim dari Provinsi Sumbar, karena Tagana di Sumbar cukup banyak, mencapai 82.000," terangnya.

Mentawai diguncang gempa berkekuatan 7,8 SR pada Rabu (2/3/2016) sekitar pukul 19.49 WIB dengan pusat gempa di 5,61 LS dan 94,05 BT dan berjarak 682 km arah barat daya Kepulauan Mentawai Sumbar, di kedalaman 10 km.

Kamis (3/3/2016) pukul 07.10.52 WIB, gempa kembali mengguncang Kepulauan Mentawai dengan kekuatan 5,8 skala Richter (SR). Gempa susulan berpusat di 4,58 Lintang Selatan (LS) dan 94,56 Bujur Timur (BT) serta berjarak 598 km arah barat daya Kepulauan Mentawai Sumbar di kedalaman 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com