Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Ekonomi Kreatif, Ridwan Kamil Bangun Pasar Seni

Kompas.com - 27/02/2016, 18:55 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung bakal segera membangun pasar seni (art market). Pasar itu akan dibangun di area lahan seluas sehektar meter persegi di Jalan Jakarta, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.

"Alhamdulillah udah disiapin. Lagi diproses," ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/2/2016).

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan pasar itu dibangun untuk memfasilitasi pemasaran produk seniman asal Bandung. Saat ini, kata Emil, banyak karya hebat para seniman lokal yang tak mendapat tempat untuk menjual karyanya.

"Nanti segala produk seni yang seliweran enggak jelas itu kita kita kumpulkan," ucapnya.

Emil mengungkapkan, ide pembangunan pasar seni tercetus saat dia sering melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

"Itu mimpi saya kalau lagi ke Eropa. Melihat karya seni itu menenangkan. Saya bermimpi seniman di Bandung makmur. Saya kalau ke luar negeri beli barang yang lucu-lucu yang aneh-aneh untuk pajangan di rumah," tuturnya.

Dia menjelaskan, pasar seni Bandung akan dibangun oleh pihak swasta dan tak menggunakan anggaran daerah. Emil menambahkan, pembangunan pasar seni merupakan bentuk kontribusi nyata Pemkot Bandung untuk menciptakan ekonomi kreatif berbentuk pasar untuk mempermudah penjualan produk seniman lokal.

"Nanti di situ ada karya seni tradisional sunda bisa wayang Cepot, angklung dan seni modern seperti patung lukisan. Ada kantin cafe kelas ruang pameran," ujar dia.

Pasar tersebut rencananya bakal rampung pada pertengahan tahun 2016. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com