Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami Menolak Pembangunan Kereta Instan Jakarta-Bandung"

Kompas.com - 19/02/2016, 12:01 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sosialisasi kereta cepat Jakarta-Bandung didemo dua kelompok masyarakat. Yang pertama mahasiswa Insitut Teknologi Bandung. Kedua, sekelompok warga yang emnamakan dirinya Sunda Pergerakan (Sunda Gugat).

Dalam aksinya, para pengunjuk rasa membawa foto-foto Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Sumarno, dan lainnya.

Di tengah-tengah foto tersebut terlihat sebungkus mie instan bertuliskan kereta. Mie instan tersebut, digambarkan sebagai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibangun sangat instan.

"Kami menolak pembangunan instan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung," ujar Presien KM ITB, Muhammad Mahardika Zein di Bandung, Jumat (19/2/2016).

Mahardika mengungkapkan, penolakan akan terus berlangsung, sebelum proyek ini menyelesaikan beberapa hal, yakni pengkajian ulang mengenai kelayakan secara sosial disamping kelayakan finansial proyek. Lalu harmonisasi kebijakan yang bertentangan serta pemantapan SDM dan teknologi supaya kandungan lokal dalam pengerjaan proyek strategis dapat dimaksimalkan.

Pengunjuk rasa juga menuntut proses pembangunan sesuai dengan aturan, prosedur, dan kaidahyang belaku. Mereka pun menuntut Menneg BUMN memberikan kejelasan, berkaitan dengan proyek ambisius yang sarat kepentingan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com