Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulcok dari Makassar, Tak Lulus SD tetapi Jago Hitung-hitungan Rumit

Kompas.com - 17/02/2016, 13:03 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Coba Anda tanyakan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian berturut-turut kepada Ruslan Yusuf. Tanpa kalkulator, pria yang tak lulus sekolah dasar tersebut akan menjawabnya dengan cepat dan tepat.

Pemuda 25 tahun tersebut biasa dipanggil Ullang Commok atau Ulcok. Ia lahir di Kalukubodoa, Tallo, Makassar, 13 Juni 1990.

Jangan bayangkan ia bersekolah di sekolah mewah dengan fasilitas serba canggih. Ulcok justru tidak pernah melanjutkan pendidikan sejak ia berhenti sekolah saat masih kelas III di SD Negeri Galangan Kapal, Tallo, pada 1998.

Keterbatasan pendididikan itu tak berarti meniadakan kemampuannya dalam berhitung.

Selasa (16/2/2016) kemarin, redaksi Tribun Timur di Makassar "menguji" kemampuan penggemar batu akik tersebut.

Di hadapan doktor Matematika dari Universitas Negeri Makassar Dr Asdar dan seorang tentor program pendidikan JILC, Ulcok yang memakai kaus oblong, celana pendek, dan sandal jepit membuat kagum karena jawaban tepat atas setiap pertanyaan hitung-hitungan. (baca juga: Tak Kenal JK, Ulcok Si "Kalkulator Berjalan" Salah Salami Orang)

Berikut video ketika Ulcok mempertontonkan kemampuannya menjawab serangkaian perhitungan di kantor redaksi Tribun Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com