Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerombolan Bermotor Berulah di Bandung, Ini Respons Ridwan Kamil

Kompas.com - 16/02/2016, 09:18 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat suara soal insiden perusakan enam mobil dan tempat makan bakso di lokasi wisata belanja Jalan Cihampelas yang dilakukan gerombolan bermotor akhir pekan kemarin.

Emil, sapaan akrabnya meminta agar kepolisian kembali memperketat keamanan, khususnya di lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Saya sudah lihat polanya. Saya akan berkoordinasi dengan Kapolrestabes  bahwa kejadian skala berombongan ini terjadi di weekend  kebanyakan dan  dinihari," kata Emil di Bandung, Selasa (16/1/2016).

Menurut dia, aksi kejahatan jalanan kerap terjadi di akhir pekan saat dini hari. Sebab itu, dia mengaku segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyikapi kembali maraknya aksi kejahatan jalanan.

"Jadi artinya masukan saya nanti, kordinasi dengan kepolisian untuk meningkatkan penguatan keamanan di weekend saat turis berseliweran di Bandung plus di jam suasana sepi. Mereka kan beraninya saat enggak ada penjaga," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada dasarnya, aksi kriminalitas di Kota Bandung sudah mulai menurun sekitar 15 persen. Insiden tersebut, lanjut Emil, merupakan bagian dari dinamika perkotaan.

"Data kepolisian kejahatan itu menurun 15 persen. Mudah-mudahan tahun 2016 turun. Bahwa masih ada kriminalitas itu dinamika kota. Kita lihat pola-polanya sudah kebaca," ucapnya.

Seperti diberitakan gerombolan bermotor kembali berulah di Bandung. Enam mobil serta sebuah tempat makan bakso dirusak kelompok tak dikenal pada Minggu (14/2/2016) dini hari.

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Sulistyo Pudjo mengatakan, peristiwa terjadi pada pukul 03.10 WIB. "Pelaku sekitar 50 orang. Enam mobil yang dilaporkan rusak, lima diantaranya berpelat B, satu lagi pelat D," ucapnya.

Saat ini polisi masih terus menyelidiki kasus tersebut dan memburu para pelaku. Sejumlah barang bukti diamankan. Polisi juga telah memeriksa empat saksi. (baca: Polisi Bandung Selidiki Perusakan Mobil Berpelat B)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com