Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Organisasi Papua Merdeka Resmikan Kantornya di Wamena

Kompas.com - 15/02/2016, 18:30 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Organisasi Papua Merdeka resmikan kantor United Liberation Movement for West Papua (ULWP) pada Senin (15/2/2016) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Peresmian kantor ULWP ini dilakukan secara tertutup. Kehadiran lembaga ini bersama perkumpulan negara-negara di kawasan Melanesia berperan untuk mendorong referendum Papua ke Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat OPM Sebby Sambom kepada Kompas.com menyatakan, kehadiran lembaga ini di Wamena atas dorongan dari Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasye Sogavare.

"Beliau adalah pimpinan organisasi Melanesian Spearhead Group (MSG) atau perkumpulan negara di kawasan Melanesia. Ia pun berharap dengan kehadiran ULWP di Papua akan memperkuat dukungan internasional untuk kemerdekaan Papua," kata Sebby.

Ia mengatakan, total sudah terdapat tiga kantor ULWP. Dua lainnya berada di negara Vanuatu dan Kepulauan Salomon.

"ULWP baru saja diresmikan di Salomon pada Januari lalu. Kehadiran kantor ULWP di dua negara ini membuktikan dukungan MSG untuk perjuangan kami," kata Sebby.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Hinsa Siburian menyatakan belum mengetahui kehadiran ULWP di Papua.

"Saya belum mendapat laporan soal peresmian kantor ULWP di Wamena. Bagi kami, NKRI harga mati," kata Hinsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com