Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Penghubung Kota Baubau dan Kabupaten Buton Utara Terputus

Kompas.com - 13/02/2016, 19:56 WIB
Kontributor Baubau, Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com- Sebuah jembatan yang berada di Desa Wakalambe, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, hanyut dibawa arus sungai yang meluap, Jumat (12/2/2016) malam.

Akibatnya, jalan yang menghubungkan Kota Baubau dengan Kabupaten Buton Utara terputus.

"Kejadiannya tengah malam, saat itu hujan memang deras sekali sehingga air sungai meluap dan pohon yang berada di pinggir sungai roboh karena longsor langsung menimpa jembatan itu," kata seorang warga Desa Wakalambe, Hamid (40), Sabtu (13/2/2016).

Hamid bercerita, mendengar suara pohon tumbang, dirinya langsung keluar rumah dan melihat kondisi jembatan yang kondisinya sudah rusak parah.

"Saya langsung jaga sampai pagi. Jangan sampai ada kendaraan yang lewat, ini bahaya karena mereka tidak tahu kalau ada jembatan yang putus," ujarnya.

Sementara itu, mobil yang hendak melintas di jembatan tersebut terpaksa mengubah arah kembali ke Kota Baubau.

Namun ada juga mobil truk memilih untuk bertahan.

"Saya mau bawa barang ke Buton Utara, kalau saya mau jalan memutar lewat Pasarwajo, terlalu jauh lagi. biar saya menunggu sampai jembatan darurat selesai di bangun," ucap seorang sopir truk, La Fiadin.

Sementara itu, dua alat berat milik pemerintah daerah setempat dikerahkan untuk membuat jembatan darurat, dibantu warga desa.

Jembatan darurat tersebut dibuat dari batang kelapa. "Mungkin dua hari baru bisa selesai jembatan darurat ini. Ini sementara kita buat darurat dulu agar jalan ini bisa terhubung kembali," tutur seorang warga, Agus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com