Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.384 Warga Mengungsi akibat Banjir di Aceh Utara

Kompas.com - 08/02/2016, 15:17 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Munawar menyatakan, hingga Senin (8/2/2016) siang, jumlah pengungsi akibat banjir di wilayah tersebut mencapai 1.384 jiwa.

Munawar menyebutkan, para pengungsi itu terdapat di sejumlah desa di Kecamatan Matangkuli dan Langkahan, Aceh Utara. Tim evakuasi telah tiba di lokasi banjir untuk memastikan proses evakuasi berjalan baik.

"Sampai siang ini, data banjir yang masuk ke kita itu ada lima kecamatan, yaitu Kecamatan Matangkuli, Langkahan, Pirak Timu, Tanah Luas, dan Lhoksukon, Aceh Utara," kata Munawar kepada Kompas.com, Senin.

(Baca: Aceh Utara Banjir, Warga Bergotong Royong Selamatkan Padi)

Untuk saat ini, BPBD Aceh Utara belum mendirikan posko khusus untuk pengungsi akibat banjir. Para korban banjir tersebut mengungsi ke rumah saudaranya yang lebih tinggi dan mushala.

"Ada juga yang mengungsi di atas loteng rumah. Kami sudah tawarkan pendirian posko, tetapi warga bilang lebih baik langsung ke mushala saja," ujarnya.

Saat ini, bantuan beras dan logistik yang dikoordinasikan oleh dinas sosial sudah terdistribusi ke semua kantor camat wilayah banjir. Setelah itu, bantuan akan didistribusikan ke desa terdampak. Camat dan kepala desa diminta untuk membantu distribusi logistik bantuan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com