Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Disebut Presiden Pertama yang Buka Konferensi Nasional Forum Rektor dalam 18 Tahun Terakhir

Kompas.com - 30/01/2016, 16:25 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia 2016, di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat (29/01/2016), menciptakan kesan tersendiri bagi para rektor yang hadir.

Menurut Ketua Forum Rektor Rochmat Wahab, Jokowi adalah presiden pertama yang membuka konferensi ini dalam 18 tahun terakhir.

"Selama 18 tahun pelaksanaan, baru pertama kali ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia. Maka mari kita berikan aplaus kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah berkenan hadir," ujar Rochmat Wahab dalam sambutanya, Jumat.

Menurut dia, kehadiran Jokowi merupakan bentuk kepercayaan Presiden kepada Forum Rektor Indonesia. (Baca: Jokowi Minta Perguruan Tinggi Mengimplementasikan Hasil Riset untuk Rakyat)

"Kepercayaan ini akan kita jaga bersama. Semoga kehadiran Bapak Presiden dapat memberikan pencerahan dan arahan bagi forum rektor untuk terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa," sambung dia.

Acara ini turut dihadiri Menteri Riset dan Perguruan Tinggi Mohammad Nasir, Menteri Dalam Negeri Tjohjo Kumolo, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono.

Saat Jokowi menyampaikan sambutannya, tampak ruangan Auditorium UNY penuh cahaya yang berasal dari LCD ponsel para peserta Konfrensi Nasional Forum Rektor Indonesia 2016.

Peserta konfrensi yang sebagian besar merupakan rektor universitas negeri dan swasta di Indonesia ini, mengangkat ponsel mereka untuk mengabadikan Jokowi.

Tak hanya saat Jokowi memberikan sambutan, cahaya-cahaya LCD itu kembali memenuhi auditorium ketika para rektor mengabadikan Jokowi memukul gong tanda dibukanya konfrensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com