Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelenteng Berusia 100 Tahun Bersolek Jelang Imlek

Kompas.com - 28/01/2016, 12:00 WIB
Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com — Tempat ibadah umat Buddha Tridharma Tulus Harapan Kita (Thian Hou Kiong) Gorontalo bersolek menyambut Tahun Baru Imlek 2567 yang akan jatuh pada hari Senin (8/2/2016).

Sejumlah bagian dari bangunan tua ini dicat oleh beberapa pekerja, sementara pekerja lainnya mempercantik dinding pembatas yang bersebelahan dengan wihara.

Kelenteng Tulus Harapan Kita telah berusia lebih dari 100 tahun berdiri di pusat kota. Bangunannya dicat warna-warni yang mencolok, sangat kontras dengan bangunan di sekitarnya.

Yang lebih menandakan bangunan kelenteng adalah adanya dua patung naga dengan kombinasi warna kuning merah dan putih di atas teras depan, juga terdapat naga di bagian atap bangunan dalam.

Sejak awal Januari lalu, Robby Tanzil dan Benny Thendiono selaku ketua dan sekretaris pengurus tempat ibadah ini sudah mengumumkan beberapa kegiatan yang terkait dengan penyambutan tahun baru Imlek.

Cuci arca akan dilaksanakan pada Minggu (31/1/2016) pagi mulai pukul 05.00 Wita. Para umat Tridharma, tua muda, akan datang untuk membersihkan arca yang ada di tempat ibadah ini. Semua tokoh Tionghoa akan berkumpul saat cuci arca.

Pada Selasa (2/2/2016) pagi, upacara sembahyang hari suci Sang Sin (Cau Kun Kong) akan dilaksanakan. Pada malam hari, akan dilaksanakan pembagian petugas upacara sembahyang tahun 2016-2017.

Badan pengurus tempat ibadah Tridharma Tulus Harapan Kita (Thian Hou Kiong) juga mengumumkan penawaran kepada umat untuk menjadi petugas sembahyang (Tauke) periode 2016-2017.

Imlek 2567 adalah tahun shio monyet dengan unsur api. Tahun baru Imlek selalu ramai dengan ramalan perhitungan nasib pada masa depan dengan menggunakan shio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com