Brigpol Piter Rela Berutang untuk Biayai Anak-anak Putus Sekolah

Kompas.com - 26/01/2016, 20:25 WIB
Piter sedang melakukan pendataan anak-anak putus sekolah di salah satu rumah warga di kecamatan Kalukku Mamuju beberapa saat lalu. KOMPAS.ComPiter sedang melakukan pendataan anak-anak putus sekolah di salah satu rumah warga di kecamatan Kalukku Mamuju beberapa saat lalu.
|
EditorErvan Hardoko
MAMUJU, KOMPAS.com — Brigpol Piter Paembonan, anggota Polsek Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, adalah seorang polisi yang luar biasa.

Bukan kemampuan sebagai penembak jitu atau keahliannya menekuk para kriminal yang menjadikannya sebagai sosok luar biasa.

Ketulusan hatinya terhadap anak-anak putus sekolah-lah yang membuat nama Piter dikenal sebagai sosok yang dermawan.

Sejak 16 tahun lalu, selain menjalankan tugasnya sebagai seorang penegak hukum, Piter juga aktif mengampanyekan gerakan kembali ke sekolah dengan masuk ke berbagai desa.

Dengan menunggang sepeda motor tua miliknya, Piter masuk keluar desa dan jalan-jalan kecil untuk menyambangi keluarga-keluarga yang memiliki anak-anak putus sekolah.

Memang tak mudah membujuk para orangtua, yang kebanyakan secara ekonomi tak mampu, untuk kembali menyekolahkan anak-anak mereka.

Salah satu kendalanya, para orangtua ini tak mampu membelikan seragam, sepatu, tas, dan peralatan sekolah bagi anak-anak mereka.

Oleh karena itu, tak jarang Piter merogoh kocek pribadinya demi membiayai sebagian anak-anak ini agar bisa kembali mengenyam pendidikan.

Namun, karena pendapatannya terbatas sebagai polisi, Piter tak jarang harus berutang ke sanak saudara, tetangga, hingga ke toko pakaian agar anak-anak itu kembali bersemangat menuntut ilmu.

Kegiatan amal ini diakui Piter memang tak mudah dan bukan pekerjaan ringan. Namun, rasa prihatinnya melihat anak-anak putus sekolah membuatnya terus menjalani kegiatan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X