Ganjar: Mebel, Kuliner, Batik, Jamu, Itu Keunggulan Kita

Kompas.com - 26/01/2016, 16:47 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo seusai berbicara dalam Forum Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan 2016 di Semarang, Selasa (26/1/2016) Kompas.com/Nazar NurdinGubernur Jateng Ganjar Pranowo seusai berbicara dalam Forum Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan 2016 di Semarang, Selasa (26/1/2016)
|
EditorCaroline Damanik
SEMARANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meyakini pasar bebas ASEAN akan membawa keuntungan bagi Jawa Tengah. Dia yakin, beberapa produk unggulan di Jateng bisa bersaing di tingkat mancanegara.

“Ada mebel, kuliner, batik, jamu, furniture, itu jadi keunggulan kita. Harapannya itu bisa dipasarkan di negara-negara anggota MEA, atau bahkan di pasar dunia,” kata Ganjar seusai membuka pertemuan tahunan pelaku Industri Jasa Keuangan 2016, di Semarang, Selasa (26/1/2016).

Produk-produk unggulan di Jateng tersebut diyakini mampu bersaing dengan produk dari negara lain sehingga produk lokal tinggal dikemas disertai pengembangan di sektor pemasaran di negara lain.

Ganjar pun menegaskan agar pelaku usaha di Jateng bisa kompak dan serius bersama-sama menghadapi pasar bebas ini.

Para Bupati dan Wali Kota juga diminta untuk menginventarisasi potensi produk keunggulan yang ada.

“Dengan cara itu, produk-produk potensial yang dijual di pasar bisa segera terdaftar, dan bisa dipasarkan oleh Pemerintah,” tambah dia.

Selain hal tersebut, Jateng juga ingin menjalin kerjasama secara lebih dengan para duta besar. Ganjar ingin para duta besar bisa ikut memamerkan produk unggulan dari Jawa Tengah di negara mereka ditugaskan.

“MEA itu sekaligus jadi market kita, kita sudah punya kekuatan di industri unggulan,” ujarnya.

"Kami lakukan roadshow keliling ke negara-negara yang ada MEA, kita menawarkan produk lokal dengan segala keunggulannya,” tambahnya lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X