Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Jacky, Bocah 4 Tahun Penderita Tumor di Mulutnya

Kompas.com - 25/01/2016, 20:28 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Tak bisa dibayangkan apa yang dirasakan seorang bocah berusia empat tahun ini.

Jacky tak bisa bergerak dan tak bisa bermain bersama teman-teman sebayanya. Dia hanya bisa berbaring di tempat tidur sambil menahan rasa sakit.

Bocah kecil ini harus berjuang meneruskan hidupnya melawan tumor ganas yang menderanya. Berawal dari sakit gigi, sebuah benjolan kecil di gusinya menjadi awal penderitaannya.

Dengan cepat benjolan kecil ini membesar dan merusak tulang rahang mulutnya hingga ke bagian mata kiri.

“Awalnya sakit gigi, lalu kami bawa ke dokter gigi, dan dokter melihat ada benjolan di gusinya, kemudian benjolan itu dipecahkan dan dokter meminta kami kembai seminggu kemudian,” kata Mariah, ibunda Jacky, saat ditemui Kompas.com di ruang PICU Anak RSU Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Senin (25/1/2016).

Setelah itu, lanjut Mariah, luka dan benjolan di gusi putranya itu membengkak dengan cepat, sehingga membuat mulutnya sulit tertutup dan tidak bisa digukankan untuk makan. 

“Kami kemudian dirujuk ke Banda Aceh dan kini sudah menjalani perawatan kemoterapi,” ujar Mariah.

Divonis menderita tumor ganas jenis myeloma, Jacky kini dirawat intensif di RSUZA. Anak pasangan petani asal Kabupaten Aceh Singkil ini harus menjalani proses kemoterapi sebelum menjalani operasi rekontruksi wajah.

“Cuma saya bingung harus bagaimana, meninggalkan Jacky sendirian tidak mungkin, tapi saya masih punya anak-anak lain di Singkil yang kini kami titipkan kepada tetangga, ada adik Jacky berusia 2,5 tahun, entah bagaimana kondisinya sekarang,” katanya.

Sementara itu pihak RSUZA, mengatakan tengah memberi pengobatan intensif bagi Jacky melalui proses kemoterapi.

Wakil Direktur bagian pelayanan RSUZA, Azharuddin, mengatakan proses kemoterapi dipercaya secara medis mampu mematikan sel tumor ini.

“Kalau Tumor Myeloma ini memang jenis ganas namun bisa ditangani dengan kemoterapi, artinya sel ini bisa dimatikan dengan proses kemoterapi, lalu kerusakan di bagian wajahnya akan dilakukan operasi termasuk mengangkat mata kirinya yang rusak akibat serangan tumor,” jelas dr Azharuddin.

Di kampungnya bocah Jacky dikenal sebagai bocah yang periang. Tak pelak sakit yang diderita Jacky membuat warga sekitar rumah Jacky merasa kehilangan bocah laki-laki yang selalu penuh senyum ini.

“Apapun itu saya berharap anak saya bisa disembuhkan, anak saya memang banyak ada tujuh, namun Jacky memiliki arti tersendiri bagi kami. Dia selalu menghibur kami kala susah,” Mariah menuturkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com