Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher: Perizinan Kereta Api Cepat adalah yang Tercepat Sepanjang Indonesia Merdeka

Kompas.com - 21/01/2016, 17:56 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mempercepat segala perizinan terkait pembangunan kereta api cetap Jakarta-Bandung. (Baca: Ridwan Kamil: Tanpa Kereta Cepat, Tak Mungkin Ada Kota Baru)

"Ini perizinan tercepat sepanjang Indonesia merdeka. Rekomendasi pinjam pakai hutan hanya tiga hari selesai," ujar Ahmad Heryawan dalam sembutannya saat groundbreaking kereta api cepat Jakarta-Bandung, di Kebun Teh Mandalawangi, Maswati, Bandung Barat, Kamis (21/1/2016).

Pria yang dikenal dengan nama Aher itu memberikan apresiasi kepada lima kabupaten dan tiga kota yang dilalui kereta api cepat tersebut karena perizinan yang lancar.

Saat ini, menurut Aher, Pemprov Jabar mengintensifkan dan merampungkan trase LRT Bandung Raya. Nantinya, LRT ini akan terintegrasi dengan kereta cepat, serta LRT Jabodetabek.

"Pengoperasian LRT akan paralel dan paralel, efisien, serta ramah lingkungan," imbuh Aher.

Ia juga berharap, BUMD diberikan ruang untuk terlibat dalam pengoperasian kereta cepat, asalkan sesuai dengan aturan.

Kereta ini, sambung Aher, akan menjadi tulang punggung kegiatan nasional, terutama Metropolitan Bandung Raya dan Jabodetabek.

Diharapkan, kereta api cepat dapat membangkitkan perekonomian daerah. (Baca: Kereta Cepat Diharapkan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi hingga 5,5 Persen)

"Pada gilirannya akan menumbuhkan teknologi, investasi, wisata, serapan tenaga kerja, operasional, alih pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan Indonesia," kata Aher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com