Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Bencana, Ganjar Siapkan Buku "Titen"

Kompas.com - 16/01/2016, 16:04 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sedang menyiapkan satu buku unik untuk menandai potensi terjadinya bencana. Buku tersebut berisi pengamatan pada fenoma alam, serta tanda-tanda alam sebelum bencana terjadi.

"Saya lagi siapkan buku 'titen'. Isinya berupa kearifan lokal dari cerita nenek moyang," kata Ganjar di Semarang, Sabtu (16/1/2016).

Buku 'titen' atau penanda bencana itu sengaja disiapkan sebagai bahan bersama untuk mengantisipasi potensi bencana yang terjadi. Pasalnya, Jateng telah dinyatakan sebagai "daerah supermarket bencana".

"Jadi ilmu titen itu, misalnya ketika lahar merapi sebelumnya ada awan menggumpal. Kemudian ada cerita 'Palu Janda' di Pemalang, cerita dari nenek moyang akan dikumpulkan jadi ilmu titen," tambah dia.

Penanda lain, misalnya, ada rekahan mengisyaratkan adanya gempa. Kemudian, jika pintu rumah enggak bisa agar segera keluar karena ada bencana yang akan datang.

"Ikan banyak tepi pantai, kemudian laut surut itu sebagai penanda akan ada tsunami. Masyarakat harus lari ke arah tinggi, bukan ikannya diambil," tambahnya.

Masyarakat pun diminta untuk bisa bertahan serta arif ketika menghadapi bencana.

"Soal bencana harus bersahabat, datang gak pernah permisi. Longsor di Jemblung datang tiba-tiba kemudian habis," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com