Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-bom di Jakarta, Pelabuhan Ketapang Dijaga Ketat

Kompas.com - 15/01/2016, 18:11 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pasca-serangan bom dan baku tembak di kawasan Sarinah, Jakarta, pengamanan arus lalu lintas menuju Pulau Bali di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi diperketat.

Personel kepolisian tak hanya memeriksa identitas dan surat keterangan kendaraan saja, polisi juga memeriksa barang bawaan para penumpang termasuk yang berada di dalam kendaraan pribadi dan truk.

"Kami juga menggunakan metal detector serta anjing khusus pelacak bahan peledak untuk memperketat pengamanan pelabuhan," papar Kompol Sujarwo, Kabag Ops Polres Banyuwangi saat dihubungi Kompas.com Jumat (15/1/2016).

Menurutnya Sujarwo, kepolisian tidak ingin kecolongan karena pelabuhan Ketapang adalah akses masuk menuju Bali dan merupakan ruang publik vital.

Selain memeriksa penumpang serta kendaraan yang akan menuju Bali, kepolisian juga menambah personel yang berjaga di Pelabuhan Ketapang.

"Biasanya ada 10 personel dan sekarang ditambah menjadi 30 personel,"ungkapnya.

Selain di pelabuhan Ketapang, pengamanan juga dilakukan di beberapa titik penting seperti stasiun, pasar dan juga Pertamina.

Hal senada juga diungkapkan Letkol Laut Pelaut Wahyu Endriawan. Kepada Kompas.com pihaknya juga telah menambah personel untuk pengamanan di Selat Bali.

"Ada dua kapal yang beroperasi di laut serta pos pos pengamanan yang ada di pelabuhan rakyat. Ada 12 titik. Jangan sampai kita kecolongan lagi," jelas Wahyu Endriawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com