Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-teror Bom Sarinah dan Baku Tembak, Poso Siaga I

Kompas.com - 15/01/2016, 15:10 WIB
Kontributor Poso Kompas TV, Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com — Pasca-teror bom di Jakarta, Kamis (14/1) 2016), dan baku tembak polisi dengan kelompok sipil bersenjata di Poso pimpinan Santoso alias Abu Wardah di Poso, Polres Poso, Sulawesi Tengah, menetapkan Siaga I untuk situasi keamanan di Poso, Jumat (15/1/2016).

"Poso sekarang dalam kondisi Siaga I. Ini perintah pimpinan pasca-terjadinya ledakan bom Sarinah, Jakarta, apalagi di Poso seperti sekarang terjadi lagi kontak senjata. Makanya, kita tidak boleh lengah dan harus siaga setiap saat," tutur Kapolres Poso AKBP Ronny Suseno saat ditemui di ruangannya.

Selain upaya pengejaran secara tertutup, polisi juga terus memperketat pengamanan dengan melakukan razia pemeriksaan kendaraan roda dua dan roda empat, baik yang hendak keluar maupun yang memasuki wilayah Kabupaten Poso.

Razia kendaraan secara serentak di sejumlah titik dilakukan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan para kelompok teroris tersebut melarikan diri pasca-terjadinya baku tembak.

"Sekarang pengamanan terus kita perketat, razia kendaraan roda dua dan roda empat secara serentak kita berlakukan, khususnya di wilayah rawan sebagai pintu masuk dan keluarnya para teroris yang hendak melarikan diri," kata Ronny.

Dalam kondisi Siaga I tersebut, Ronny mengatakan, untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dari kelompok tertentu yang sewaktu-waktu bisa terjadi, fasilitas perkantoran dan tempat keramaian terus dipantau selama satu kali 24 jam serta melaksanakan patroli siang dan malam hari. (Baca juga: Kontak Tembak Selama Dua Jam, Satu Teroris Tewas).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com