Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jasad Engeline Dikubur, Agus Sebut Margriet Taburkan Pakan Ayam

Kompas.com - 14/01/2016, 11:02 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Terdakwa Agustay Handa May menjelaskan kepada hakim bahwa ibu angkat Engeline, Margriet Christina Megawe, tidak menangis setelah proses mengubur jenazah Engeline di pekarangan belakang rumahnya di Jalan Sedap Malam nomor 26 Denpasar.

"Saat itu, ibunya (Margriet) menangis apa enggak? Kan biasanya kalau anaknya (yang meninggal), menangis meraung-raung kan?" tanya Hakim Edward Harris Sinaga kepada Agustay dalam sidang terbuka di tempat kejadian perkara pembunuhan Engeline, Kamis (14/1/2016).

"Tidak, Pak Hakim," jawab Agustay.

"Tidak menangis?" tanya hakim lagi.

Pertanyaan oleh hakim ini dilontarkan di atas lubang dimana Engeline dikuburkan oleh Agus. Bahkan pada saat penguburan itu, menurut Agustay, Margriet sambil menabur makanan ayam.

"Iya tidak menangis. Waktu itu dia (Margriet) memegang makanan ayam ditaburkan. Saya tanya maksudnya apa?" kata Agustay.

Agustay mengatakan, saat itu, Margriet menjelaskan hal itu dilakukan agar tidak ketahuan bahwa ada mayat yang dikubur di tempat itu.

Adegan penguburan ini tidak diikuti oleh terdakwa Margriet karena sejak awal Margriet tidak mengakui melakukan pembunuhan atau membantu Agus menguburkan korban. Hal ini tidak menyurutkan hakim untuk mengetahui langsung bagaimana Agus mengubur Engeline.

Dalam sidang di TKP, selain terdakwa Agustay Handa May, lima orang saksi juga dihadirkan,  yakni Susiani, Handono, Rohana dan dua orang polisi yang pertama kali menemukan kubur Engeline.

Baca juga: Digelar di TKP, Sidang Pembunuhan Engeline Dijaga Ketat

Kompas TV Fakta Baru Dari Kasus Pembunuhan Engeline

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com