Bandara Juanda Kelak Bisa Didarati Airbus A380

Kompas.com - 05/01/2016, 21:05 WIB
Dua orang pilot Jetpack terbang berdampingan dengan sebuah pesawat Superjumbo Airbus A380 dalam sebuah video promosi. YouTubeDua orang pilot Jetpack terbang berdampingan dengan sebuah pesawat Superjumbo Airbus A380 dalam sebuah video promosi.
|
EditorErvan Hardoko
SURABAYA, KOMPAS.com — Bandara yang diklaim termegah di Asia Tenggara bakal dibangun di Jawa Timur.

Dua landasan pacunya dirancang untuk dapat dilandasi pesawat bertubuh besar sejenis Airbus A380.

Bandara seluas 4.000 hektar itu rencananya akan dibangun di sisi timur Bandara Internasional Juanda, Surabaya, pada triwulan keempat tahun ini.

"Izin penggunaan lahan (IPL) dan izin penggunaan ruang (IPR) sudah mulai jalan. Saya minta dua pekan sudah rampung," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Selasa (5/1/2015).

Dia menambahkan, di bandara tersebut akan dibangun dua landasan pacu, masing-masing sepanjang empat kilometer, dengan gedung terminal di tengahnya.

"Luas landasan pacunya didesain untuk bisa disinggahi pesawat Airbus A380," ujar Soekarwo.

Dari 4.000 hektar lahan itu, sebagian besarnya atau sekitar 60 persennya adalah lahan hasil reklamasi kawasan pantai sebelah timur Kabupaten Sidoarjo. 

Menurut Soekarwo, bandara tersebut dirancang dapat menampung 70 juta penumpang, yang dilengkapi dengan 149 garbarata.

Di sekitar bandara yang berkonsep "green airport" itu juga akan dibangun kawasan "airport city" yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan fasilitas industri.

Pada Selasa siang, Sukarwi mengatakan sudah menggelar pertemuan dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti direksi PT Angkasa Pura I, Bupati Sidoarjo, Dinas Perhubungan, dan DPRD Jatim untuk membahas rencana tersebut.

Pembangunan bandara baru itu antara lain untuk mengimbangi penumpang Bandara Internasional Juanda yang tak bisa lagi menampung lonjakan penumpang.

Bandara Internasional Juanda saat ini berkapasitas 12 juta orang, dan dipaksa untuk melayani 17 juta orang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X