Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Ridwan Kamil Perketat Keamanan di Rumah Dinas

Kompas.com - 05/01/2016, 13:21 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bakal memperketat keamanan di sekitar rumah dinasnya di Jalan Dalemkaum, Bandung.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi tindak kejahatan pasca-ledakan bom rakitan di depan rumah itu pada malam pergantian tahun.

Emil, demikian Ridwan Kamil biasa disapa, mengaku akan menambah personel keamanan yang menggunakan kostum unik.

Petugas itu nantinya akan berjaga di depan gerbang masuk seperti petugas keamanan di kerajaan.

"Makanya, kalau lihat pendopo itu kan lagi dibangun gerbang ada yang jaga (berdiri tegak). Kalau siang jadi obyek turis berfoto, tetapi dia juga jaga keamanan. Bukan polisi, melainkan satpam yang dipakaikan seragam keren," kata Emil di Bandung, Selasa (5/1/2016).

Dia mengatakan, ada 12 kamera CCTV yang terpasang di sekitar rumah dinas, tetapi tidak ada yang menyorot ke luar area rumah dinas.

Meski demikian, ada satu kamera CCTV di luar area rumah dinas yang terintegrasi dengan Bandung Command Center di sekitar Alun-alun Bandung.

"Saya sudah serahkan file CCTV, tetapi saya enggak tahu hasilnya. Tetapi, Pemkot sudah serahkan karena ada satu CCTV yang berada di daerah Dalem Kaum. Tidak menyorot ke TKP, tetapi pokoknya di area itu saya enggak tahu detailnya, pokoknya ada CCTV dari BCC," kata dia.

Emil tak menyangkal jika jumlah kamera pengawas di Bandung masih minim. Emil mengaku bakal menambah jumlah kamera pengawas di sejumlah titik keramaian.

"Tambah CCTV tiap tahun. Makanya, kita kan mau public private partnership (PPP). Karena duit terbatas, tambah CCTV hanya 100, nanti mah 1.000, nanti bayar jangka panjang," ujar Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com