Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Jalan, Pemkot Bandung Akan Bongkar 600 Kuburan

Kompas.com - 04/01/2016, 13:52 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung bakal membongkar 600 makam di tempat pemakaman umum (TPU) non-Muslim, Pandu, untuk mewujudkan rencana proyek pembangunan jalan tembus dari Jalan Padjajaran menuju Jalan dr Djunjunan (Pasteur).

"Ada rencana beberapa pemindahan makam di TPU Pandu karena berkaitan kerja sama dengan DBMP akan membuat jalan tembus dari Jalan Pandawa ke Jalan dr Djunjunan. Ada 600 makam yang akan dipindahkan," ucap Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung Arief Prasetya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (4/1/2016).

Dari pantauan, saat ini, jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Jalan tersebut aktif dilalui kendaraan sebagai jalan pintas dari Jalan Padjajaran menuju kawasan Pasteur.

Pembangunan jalan, lanjut Arief, bertujuan untuk mengurai kemacetan di Jalan Padjajaran. Rencananya, jalan itu akan diperlebar hingga 14 meter. Arief menambahkan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi kepada ahli waris.

"Kami pindahkan ke TPU Cikadut. Kita sosialisasi terus bertemu ahli waris," ujarnya.

Arief mengatakan, mayoritas makam yang bakal dipindahkan merupakan makam lama yang sudah ada sejak tahun 80-an. Pemindahan makam akan dilakukan dalam waktu dekat. Selain untuk mengurai kemacetan, pelebaran jalan itu juga bertujuan untuk membereskan kekumuhan daerah tersebut.

"Iya untuk menata daerah situ agar tidak terlalu kumuh," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com