Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Lombok Barat, 4 Orang Tewas

Kompas.com - 19/12/2015, 12:32 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Empat orang tewas akibat bencana longsor yang terjadi di Dusun Ladungan, Desa Guntur Macan, Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (19/12/2015) sekitar pukul 03.30 Wita.

"Jenazah keempat sudah diketemukan atas nama Multazam usia 18 tahun," ujar  Kasi Tanggap Darurat BPBD NTB Agung Pramudya.

Agung menjelaskan, saat ini, jumlah korban keseluruhan ada 9 orang. 4 orang meninggal dunia, 2 orang luka berat dirawat di Rumah Sakit dan tiga orang luka ringan dirawat di Puskesmas Gunung Sari.

Korban meninggal dunia atas nama Riswandi (21), Laelatul Hasnah (10), Dahrin (80) dan Multazam (18).

"Saat ini seluruh jenazah telah dibawa ke rumah sakit untuk dibersihkan dan rencananya akan dikebumikan pada pukul 16.00 Wita," ungkap Agung.

Dia menjelaskan, longsor diperkirakan terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Lombok sejak Jumat sore. Akibat kejadian tersebut, empat rumah warga tertimbun longsor.

Selain rumah warga, longsor juga menimbun 1 warung, 2 sepeda motor dan  2 ekor sapi. Material longsor juga menimbun jalan di sekitar lokasi. Menurut Agung, lokasi di tempat kejadian merupakan daerah rawan longsor dengan kemiringan 45-50 derajat.

Kondisi ini diperparah dengan tanahnya yang labil dan berpasir. Agung mengatakan, saat ini penanganan darurat longsor masih terus dilakukan oleh BPBD Lombok Barat, BPBD NTB, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan serta masyarakat.

Selain menurunkan alat berat untuk membersihkan sisa longsor, BPBD Lombok Barat juga telah mendirikan tenda darurat dengan radius 300 meter dari lokasi kejadian. Pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar lokasi untuk waspada dan segera mengungsi jika terjadi longsor susulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com