Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobol Rumah Kosong, Pencuri Gondol Mata Uang Asing dan Emas Batangan

Kompas.com - 15/12/2015, 17:45 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Sejumlah mata uang asing dan emas batangan milik Kamil (61) warga Jalan Sidorukun, Kelurahan Pulo Brayan Darat II, Medan Timur, ludes digondol pencuri.

Pelaku pencurian itu adalah Ari Syahputera Siregar (30) warga Jalan Krakatau dan Arianto Ginting (23) warga Jalan Karya Sukadame, Lorong Keluarga, Medan Barat, Kota Medan.

Aksi Ari dan Arianto dengan cepat terungkap dan keduanya diringkus personela Polsekta Medan Timur.

Di hadapan polisi Ari mengatakan, dia mengajak Arianto untuk membobol kediaman Kamil yang saat itu tidak berada di rumah.

Melihat situasi aman, keduanya masuk dengan cara melompati tembok samping rumah. Keduanya lalu atap rumah yang terbuat dari asbes.

Selanjutnya kedua pencuri itu masuk ke kamar Kamil lalu menjarah 100 dolar Singapura dan 100 ringgit Malaysia serta emas batangan seberat 26 gram.

Saat pulang, Kamil terkejut melihat isi kamarnya berantakan dan harta bendanya raib. Dia langsung melapor ke Polsekta Medan Timur.

Laporan Kamil langsung ditindaklanjuti polisi. Rekaman CCTV di rumahnya sangat membantu polisi dalam mengungkap kasus ini.

Kanit Reskrim Polsekta Medan Timur Iptu Ucox P Nugraha mengatakan, kedua pelaku ditangkap di kediaman masing-masing berikut sisa barang bukti.

"Pelaku sudah menukarkan mata uang asing itu ke money changer. Jadi sisanya yang kita jadikan barang bukti. Untuk pelaku berinisial B masih kita buru karena ikut menjualkan mata uang asing tersebut. Kedua pelaku kita jerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara," ungkap Iptu Ucox, Selasa (15/12/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com