Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat Internal, Risma-Whisnu Menang

Kompas.com - 09/12/2015, 16:41 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil hitung cepat internal, tim pemenangan pasangan calon wali kota Surabaya Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana mengklaim keunggulan atas rivalnya, Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Ketua tim pemenangan Risma-Whisnu, Syaifuddin Zuhri, pukul 16.00 WIB, mengatakan, pasangan Risma-Whisnu meraih 70.502 suara atau 86 persen. Sementara itu, sang rival hanya meraih 11.277 suara atau 14 persen.

"Ini hasil dari metode sampling sebanyak 400 TPS (tempat pemungutan suara)," ujar Zuhri di posko pemenangan Risma-Whisnu, Jalan Kapuas Nomor 68, Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/12/2015).

Catatan KPU Provinsi Jawa Timur, terdapat 3.936 TPS di Surabaya dengan jumlah pemilih pada daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 2.034.307 orang.

Meski jumlah sampel TPS hanya sekitar 10 persen, data itu juga didukung dengan data tim sukses di semua TPS di Surabaya. Secara umum, selisih suara di semua TPS menyatakan bahwa Risma-Whisnu unggul dari sang rival.

"Ada yang selisih suaranya ratusan banding tiga, banding enam dan sebagainya. Dan itu bukan hanya terjadi di satu atau dua TPS, tapi di seluruh TPS," ujar Zuhri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com