Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Calon Tunggal Kalah, Malu Dong?"

Kompas.com - 09/12/2015, 10:41 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Calon Tunggal Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, adalah satu dari tiga calon yang tak memiliki lawan dalam perhelatan Pilkada serentak 2015 se-Indonesia.

Meski tak memiliki lawan, Uu tetap merasa tak mudah untuk mendapatkan kemenangan.

Penilaian sang calon itu terlihat dipertegas oleh beberapa tanggapan warga yang menilai calon tunggal lebih mudah memenangkan pilkada.

"Calon tunggal ini ya risikonya harus menang, kalau sampai kalah malu dong. Masa gak ada lawan bisa kalah," ungkap Opik Salman (34), salah seorang warga Manonjaya, Rabu (9/12/2015) pagi.

Opik menilai, kondisi "harus menang" ini pasti dirasakan berat oleh pasangan calon tunggal. Soalnya, kalau sampai kalah dalam pilkada tunggal, tekanan berat akan berdampak terhadap calon.

"Pasti jadi berat. Beratnya kalau kalah malu sama para pendukungnya," kata Opik.

Hal sama diutarakan Dede Rahman (28). Menurut dia, calon bupati asal daerahnya itu diyakini akan mampu memenangkan pilkada calon tunggal kali ini.

"Kalau pembangunan desa sekarang sudah terasa ada perubahan dipimpin oleh Pak Uu. Mudah-mudahan akan ada program lain lagi yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tambah dia.

Pasangan calon tunggal sekaligus pasangan kepala daerah petahan di Kabupaten Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto ini diusung mencalonkan diri oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Uu berasal dari PPP dan Ade Sugianto dari PDIP. Setelah melalui beberapa tahapan Pilkada, pasangan ini pun akhirnya ditetapkan sebagai calon tunggal setelah ada keputusan MK terkait calon tunggal beberapa waktu lalu.

Live streaming Suara Indonesia, laporan Pilkada Serentak 2015: https://youtu.be/kosdMQRS-v0 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com