"Lewat Persahabatan dengan Penderita AIDS, Saya Banyak Belajar"

Kompas.com - 02/12/2015, 10:44 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorCaroline Damanik
BANDUNG, KOMPAS.com – Rizki Kurniawan (27) berbagi kisah tentang persahabatannya dengan orang yang hidup dengan AIDS (Odha). Bermula sekitar empat tahun lalu, saat dirinya terlibat program Football for Change.

“Saat itu ada program sepakbola. Saya tidak tahu kalau itu Odha. Tahunya pas makan malam saat identitas Odha mereka dibuka. Jujur, saat itu saya langsung takut,” ucap Asistant Grant Manager Rumah Cemara, Rizki Kurniawan, Selasa (1/12/2015).

Malam itu, Rumah Cemara sebagai inisiator acara menjelaskan apa itu HIV/AIDS dengan sangat detail termasuk penanggulangannya. Rasa takut pun hilang sedikit demi sedikit. Malah, Rizki merasa ingin berkontribusi dengan menjadi relawan.

“Saya ingin kehidupan saya memberikan manfaat untuk orang lain. Karena itu saya menjadi sukarelawan di Rumah Cemara,” ungkapnya.

Tahun demi tahun, Rizki semakin menyukai Rumah Cemara dan persahabatannya dengan Odha. Perasaan untuk memberikan manfaat bagi Odha pun menjadi berubah. Rizki malah balik merasa, dialah yang mendapat banyak manfaat.

Skill mereka (Odha) di atas rata-rata. Dulu saya ingin bermanfaat untuk orang lain, ternyata di sini saya yang dapat banyak manfaat,” imbuhnya.

Saat bergabung di Rumah Cemara, dia memang memiliki kemampuan di bidang olahraga. Namun setelah bergabung, ia mempelajari banyak hal seperti negosiasi, berhadapan dengan media, mendapat berbagai pelatihan di dalam dan luar negeri, serta manfaat lainnya.

Bahkan, dia pun dipercaya menjadi tim manajemen Homeless World Cup (HWC) yang selalu berprestasi di dunia.

“Lewat persahabatan dengan Odha, saya belajar banyak tentang life skill, soft skill, dan hard skill. Saya sangat bersyukur,” tuturnya.

Mengenai suka dan duka menjadi relawan, Rizki mengaku banyak sukanya. Dia bersyukur bisa terlibat aktif di Rumah Cemara yang kini sudah mendunia dan bersahabat dengan para Odha.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X