Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Suara dan Petik Gitar, Mereka Perkenalkan Pencipta Lagu "Himne Guru"

Kompas.com - 25/11/2015, 06:00 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Belasan siswa SMP hadir dalam acara lomba olahraga guru yang digelar Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Selasa (24/11/2015).

Sambil memainkan gitar, mereka menyanyikan lagu "Himne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" ciptaan almarhum Sartono.

Sambil menyanyikan lagu tersebut, sebagian siswa dari SMP Muhammadiyah V Surabaya itu juga membagikan kertas berisi foto dan biografi singkat Sartono. Sebagian guru ikut menyanyikan lagu ini mengikuti irama musik yang dinyanyikan para siswa.

Humas SMP Muhammadiyah V Surabaya Syafi'ur Rohman menjelaskan, aksi tersebut untuk memperingati hari guru setiap 25 November.

"Kami yakin banyak guru yang hafal lagu Himne Guru, namun tidak tahu siapa penciptanya. Karena itu kami ingin lebih memperkenalkan sosok Sartono kepada para guru," terangnya.

Sartono meninggal dunia di usianya yang ke-79 tahun pada 1 November lalu di Kota Madiun, Jawa Timur. Dia meninggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya.

Sartono merupakan mantan guru di sebuah yayasan swasta di Kota Madiun. Ia mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus Madiun. Sebagai guru seni dan kecintaannya pada seni musik, Sartono lalu menciptakan lagu himne untuk guru.

Dalam lagu ini, Sartono mengungkapkan kekaguman dan pujiannya kepada para pendidik yang tanpa pamrih, bagaikan pahlawan tanpa tanda jasa. Selain lagu ini, Sartono juga menghasilkan delapan lagu bertema pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com