Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah dan Kantor Pemerintah Halmahera Barat Rusak akibat Gempa

Kompas.com - 21/11/2015, 18:19 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE,KOMPAS.com - Ratusan rumah warga dan kantor pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara rusak akibat gempa bumi berkekuatan 4,6 Skala Richter yang mengguncang Halmahera Barat, Jumat (20/11/2015).

“Tadi saya cek langsung dilokasi, ada sekitar 100 rumah lebih dan kantor pemerintah yang rusak karena gempa. Termasuk kantor DPRD Halmahera Barat,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Halmahera Barat Abjan Sofyan kepada Kompas.com, Sabtu (21/11/2015).

Kerusakan rumah dan bangunan akibat gempa tektonik kemarin tersebar di beberapa desa di wilayah Halmahera Barat.

Pemerintah kabupaten saat ini masih memverifikasi jumlah korban yang bangunan atau tempat tinggalnya rusak karena gempa.

Pada hari ini, Abjan mengungkapkan sudah ada penyaluran bantuan logistik ke beberapa desa di antaranya desa Bobanaeha, Payo, Galala, Tuada, dan Guaria.

“Untuk tenda tadi kami mengalami kekurangan dan tadi sudah dikoordinasikan dengan BPBD Provinsi Malut, dan Alhamdulillah sudah bantuan berupa tenda,” kata Sekda lagi.

Gempa kemarin juga membuat beberapa guru memulangkan siswanya karena khawatir adanya gempa susulan. Para pegawai juga takut kembali masuk ke ruang kerja mereka.

“Saya sudah imbau kepada pegawai maupun pihak sekolah agar ini dikondisikan. Kalau memang tidak memungkinan dapat beraktifitas diluar ruangan,” ujar Abjan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com