Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Agar Mereka Melihat Kopi Terbaik Dunia Tumbuh di Sini"

Kompas.com - 19/11/2015, 19:16 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com  - Kopi telah menjadi salah satu ikon komoditas unggulan di Aceh Tengah.

Daerah ini juga memiliki potensi agrowisata yang menggiurkan, sehingga nama Aceh Tengah menjadi salah satu Kabupaten di Dataran Tinggi Gayo yang semakin terkenal di Indonesia, maupun mancanegara.

Seorang peserta Specialty Coffee Association of Europe (SCAE) Magda Katsura asal Italia mengatakan, apabila semua potensi agrowisata yang dimiliki Aceh Tengah ditingkatkan, maka daerah penghasil kopi arabika itu akan menjadi salah satu daerah kunjungan wisata yang sangat diperhitungkan.

"Lihat di sekeliling, hamparan kopi di mana-mana, bahkan hanya beberapa kilometer dari pusat kota. Tidak semua daerah punya potensi seperti ini," ujar Magda, Rabu kemarin.

Magda Katsura menyampaikan itu saat mengunjungi kebun kopi milik Belang Gele, kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Dia beranggapan kondisi jalan sudah memadai, demikian dengan jaringan listrik. Bahkan sebagian wilayah di dataran tinggi ini sudah memiliki akses internet 3G.

"Perlu sedikit polesan, misalnya jalan yang lebih bagus sehingga dapat diakses oleh siapa saja," kata dia lagi.

Pebisnis kopi asal kota Roma itu juga mengatakan, meski Aceh Tengah telah memiliki kawasan wisata utama berupa Danau Laut Tawar, namun objek wisata kopi rakyat jauh lebih menjanjikan.

"Setiap orang hanya butuh bangunan untuk penginapan di tengah (kebun) kopi, lengkap dengan segala fasilitas termasuk Wifi," papar dia.

"Konsepnya harus disusun sedemikian rupa, dikemas dengan strategi marketing yang baik," kata dia lagi.

Agrowisata, kata lanjut Magda, identik dengan aktivitas yang menyatu dengan alam. "Bagaimana kemudian wisatawan dapat melihat kopi terbaik di dunia tumbuh dan dilelola oleh para petani di sini," ujar dia.

Magda adalah pebisnis kopi yang bergabung bersama belasan anggota SCAE yang sedang menjajaki kopi Gayo di Aceh Tengah dan Bener Meriah untuk dieskpor ke negara-negara Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com