Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumahnya Diperbaiki, Veteran Perang Kemerdekaan Lega

Kompas.com - 12/11/2015, 19:59 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sugeng Hadisuyatna (89), veteran perang yang merupakan mantan anggota PETA dan Batalyon 10 Yogyakarta, kini dapat bernafas lega.

Rumahnya di Plumbungan, Patuk, mulai diperbaiki hari ini, Kamis (12/11/2015). Dia juga akan dibantu untuk memperoleh hak-haknya (Baca juga: Sugeng, Sosok Pejuang Kemerdekaan yang Luput dari Perhatian Pemerintah).

"Sebagai tindak lanjut dari laporan. Komandan Kodim 0730 Letkol Inf Priyanto memerintahkan untuk membantu perbaikan rumah," ujar Pasi intel kodim 0730 Gunungkidul, Kapten Inf Yusuf Burhanudin.

Yusuf menuturkan, untuk memperbaiki rumah Sugeng, belasan personel Kodim 0730 Gunungkidul dikerahkan. Selain itu, Sugeng diberikan sejumlah bantuan sembako.

Menurut dia, selama ini Sugeng belum pernah mendapat bantuan.

"Pasti akan kita bantu. Kita lihat dulu administrasinya seperti apa," tegasnya.

Sementara itu, Sugeng mengaku senang dan berterimaksih karena telah dibantu memperbaiki rumahnya. Ia juga merasa lega akan dibantu dalam memeroleh hak-haknya.

"Saya berterima kasih sekali sudah dibantu. Rumah ini saya bangun tahun 2007, tapi karena biayanya kurang jadi tidak sampai selesai," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sugeng yang pernah turut berperang melawan Sekutu di Ambarawa belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Saat bertugas dalam perang berhari-hari tersebut, dia sempat terkena mortil gas. Namun di usia tuanya, dia hanya hidup sendiri dan tidak diperhatikan oleh pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com