Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Susulan Terus Mengguncang Alor

Kompas.com - 10/11/2015, 11:42 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KALABAHI, KOMPAS.com - Pasca-guncangan gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang menghancurkan ribuan rumah penduduk dan puluhan fasilitas publik lainnya, gempa susulan terus saja terjadi di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kali ini, gempa bumi dengan magnitudo 2,4 mengguncang wilayah barat daya Kabupaten Alor.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 09.54 Wita itu berlokasi di 8,48 Lintang Selatan dan 124,32 Bujur Timur atau persisnya 47 kilometer barat daya Alor dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Sumawan mengatakan kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2015), gempa susulan dengan magnitudo 2 sampai 4 akan terus terjadi hingga dua bulan ke depan.

"Pusat gempa di wilayah Kecamatan Alor Timur dan hanya terasa di sekitar wilayah itu. Namun, untuk wilayah lainnya, seperti di Kalabahi (ibu kota Kabupaten Alor), tidak akan terasa," kata Sumawan.

Diberitakan sebelumnya, 1.098 rumah warga rusak berat setelah gempa bumi 6,2 SR mengguncang Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Rabu (4/11/2015).

Terdapat juga 64 fasilitas publik, seperti gereja, sekolah, puskesmas, kantor desa, kantor koperasi, hingga supermarket yang rusak ringan dan berat.

Menurut informasi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya, satu warga menderita patah tulang pada bagian tangan, dan tujuh warga lainnya menderita luka ringan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com