Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Anak Muda Jangan Cuek dengan Sejarah

Kompas.com - 10/11/2015, 11:19 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turut serta dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Cikutra, Bandung, Selasa (10/11/2015).

Pria yang akrab disapa Emil itu hadir bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar serta Wakil Kepala Polisi Daerah Jawa Barat Brigadir Jendral Muhammad Taufik. Usai upacara, Emil berpesan khususnya kepada para pemuda agar tak acuh terhadap sejarah perjuangan para pahlawan..

"Saya di media sosial menyampaikan anak muda yang biasanya cuek sejarah saya bilang, kamu itu bisa santai medsos bisa haha hihi hidupnya damai tenteram karena ada generasi sebelumnya yang berdarah-darah keluar air mata berjuang untuk menghasilkan hari ini," tutur Emil.

Sebab itu, dia meminta agar para pemuda bisa membalas jasa para pahlawan dengan cara berbuat hal positif untuk negara.

"Minimal mendoakan, maksimal jadilah anak yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Emil menambahkan, dalam momentum hari pahlawan ini, ada dua hal ekstra yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung.

"Di upacara Pemkot kita umumkan meresmikan jalan Dr. Ir. Sukarno, karena beliau ini kiprah di Bandung sangat banyak melebihi sebagai proklamator dan itu aspirasi datang dari masyarakat dan keluarganya," ujarnya.

Peresmian jalan itu rencananya akan dilakukan pada siang nanti. Menurut Emil sejumlah keluarga dari Bung Karno akan turut hadir.

"Yang datang dari keluarga Bung Karno, Pak Guruh Soekarnoputra, Ibu Sukmawati dan keluarga lainnya. Ibu Megawati berhalangan hadir karena sedang ke Papua," tuturnya.

Selain itu, dia juga memberikan uang kepada 100 veteran yang tinggal di Bandung.

"Untuk veteran kita upayakan ada uang kadedeuh (tanda kasih) saya pribadi, maksimal Rp. 500 ribu, untuk 100 orang, baru itu yang bisa kita berikan," ucap Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com