Jaenullah, Bikin Jam Bertenaga Gravitasi Bumi Pakai Bambu

Kompas.com - 09/11/2015, 07:31 WIB
Jaenullah sedang membuat jam gravitasi. KOMPAS.com/ RAMDHANJaenullah sedang membuat jam gravitasi.
|
EditorGlori K. Wadrianto
BOGOR, KOMPAS.com - Jam setinggi kira-kira dua meter itu tampak kokoh berdiri di salah satu sudut ruangan. Sekilas jam tersebut nampak seperti jam pada umumnya.

Namun, jika diperhatikan dengan seksama, tidak ada baterai untuk menggerakkannya. Jam itu bergerak hanya dengan menggunakan gaya gravitasi bumi.

Ya, jam gravitasi, begitulah si pembuat menamainya. Uniknya, semua bahan yang digunakan untuk membuat jam gravitasi itu berbahan bambu.

Jaenullah, adalah pria yang menemukan ide awal pembuatan jam gravitasi tersebut. Dia mengaku, terinspirasi dari ilmuwan Thomas Alva Edison.


Saat itu, ia berpikir untuk membuat sesuatu yang unik dan belum pernah ada di tempat mana pun.  Awalnya, memang tidak mudah bagi Jaenullah menciptakan jam tersebut.

Ia mengaku butuh waktu berbulan-bulan untuk meriset dan mengalami beberapa kali kegagalan. Baru sekitar setahun lalu, ia menemukan konsep yang cocok untuk jam gravitasi.

Jaenullah membuat sembilan gir sebagai penggerak rotasi jarum jam. Empat gir besar dijadikan sebagai penggerak utama dan lima gir kecil sebagai penyangga.

Sebuah papan bulat bertuliskan angka dari 1 hingga 12 terpasang. Dua bambu yang dijadikan jarum melekat di antara gir.

"Jam gravitasi ini baru bisa dibuat sempurna pada tahun 2015. Akurasinya juga sudah sama seperti jam pada umumnya," ucap Jaenullah, saat ditemui Kompas.com, di Galeri Bambootronic miliknya, Kamis (5/11/2015) pekan lalu.

Agar jarum terus berputar layaknya jam pada umumnya, Jaenullah menggantungkan berat massa seberat satu kilogram. Beban inilah yang menjadi sumber energi gerak sehingga meski tidak menggunakan baterai jarum jam tetap berputar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X