Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Sungai Dibersihkan, Menteri Susi Rogoh Kocek Pribadi Rp 50 Juta

Kompas.com - 06/11/2015, 14:04 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan uang sebesar Rp 50 juta dari kantong pribadinya kepada warga agar mereka segera membersihkan sungai di sekitar Pangandaran.

Dia berharap pembersihan sungai akan mampu mencegah pendangkalan dan akan terhindar dari bencana banjir saat memasuki musim hujan.

"Saya kasih Rp 50 juta dari uang saku saya untuk warga yang membersihkan sungai buat bensinnya supaya sungai tidak dangkal dan bebas dari banjir," ujar Susi kepada ratusan warga di Lapangan Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (6/11/2015).

Susi berharap langkahnya ini akan mampu memacu kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar sehingga ekosistem dan alam akan terjaga dan terhindar dari bencana akibat kerusakan alam oleh manusia.

"Saya meminta ini untuk masyarakat sendiri. Jadi, ayo kita bersihkan sungai dan alam sekitar kita," kata Susi.

Setelah acara penyerahan bantuan peralatan pengolahan ikan kepada beberapa KUD di Pangandaran, Susi pun langsung dikerubuti ratusan warga yang ingin bersalaman. Sontak, petugas protokoler dan keamanan pun dibuat sibuk oleh desak-desakan warga yang ingin mendekati sang menteri asal daerahnya tersebut.

Susi ke Pangandaran dalam rangka kunjungan kerja bertemu masyarakat sembari melakukan penebaran benih ikan di Sungai Ciseel, Padaherang, Pangandaran. Setelah rangkaian acara selesai, Susi pun bertolak lagi ke Jakarta memakai pesawat pribadinya.

Baca juga: Sambut Kedatangan Menteri Susi, Warga "Nyemplung" ke Sungai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com