Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Kedatangan Menteri Susi, Warga "Nyemplung" ke Sungai

Kompas.com - 06/11/2015, 10:09 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com — Warga Kampung Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, rela berbasah-basahan turun ke sungai.

Mereka terjun ke sungai dalam rangka menyambut Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti yang akan tiba pada Jumat (6/11/2015) pagi ini.

Menteri Susi akan menebar beberapa jenis benih ikan endemik atau asli daerah setempat di Sungai Ciseel, dekat dengan perkampungan warga.

Saat ini, puluhan warga telah berkumpul di lokasi penebaran benih sejak pukul 06.00 WIB pagi.

Mereka pun rela turun ke sungai untuk memasang beberapa peralatan penebaran benih yang nantinya akan digunakan Susi.

Kedatangan Menteri Susi ini merupakan kali pertama berkunjung ke daerah tersebut. Warga pun secara antusias dan terlihat sibuk mempersiapkan kegiatan penebaran benih ikan endemik tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Uho (53), mengatakan, penebaran benih yang dipelopori Menteri Susi ini diharapkan mampu melestarikan beberapa jenis lokal asli daerah setempat.

Diharapkan, kelestarian sungai bisa terus terjaga dan warga pun nantinya bisa melakukan eksploitasi dengan skala kecil untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Kita sangat bangga bisa dikunjungi Ibu Susi. Kalau basah-basahan ini tadi mempersiapkan untuk kelancaran acara. Tapi, biasanya kan Bu Susi suka nyemplung ke air. Jangankan di sungai, di laut juga suka nyemplung. Jadi, kita panitia ada yang siap-siap di sungai," kata Uho.

Berdasarkan informasi dari staf Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan, Menteri Susi masih dalam perjalanan lewat udara dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, ke Bandara Nusawiru Parigi, Pangandaran.

Setelah tiba di Nusawiru, rombongan menteri akan langsung terbang menggunakan heli ke lokasi acara penebaran benih di Sungai Ciseel, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com