Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Anak Gunung Rinjani, Turis yang Tak Bisa Berangkat Bebas Biaya "Overstay"

Kompas.com - 04/11/2015, 15:47 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Karena erupsi anak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, para wisatawan yang seharusnya sudah meninggalkan Bali dibebaskan dari biaya overstay.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Imigrasi Kamlas I Ngurah Rai, Yosep Renung Widodo, saat konferensi pers di Bandara Ngurah Rai, Rabu (4/11/2015).

"Kami membebaskan kepada para wisatawan yang menggunakan bebas visa kunjungan wisata sepanjang pihak otoritas bandara memberikan statement berapa hari penutupan bandara," kata Yosep Renung Widodo di Tuban, Badung, Bali.

"Ketentuannya, setiap airline harus mengajukan permohonan kepada setiap orang yang dirasa mengalami overstay," tambahnya.

Yosep menjelaskan, izin tinggal setiap orang asing yang bebas visa kunjungan wisata diberikan selama tiga puluh hari. Dari ketentuan 30 hari tersebut tidak termasuk kondisi force major saat ini.

"Bilamana kondisi force major seperti bencana alam gunung meletus, ketentuan tiga puluh hari itu digugurkan," ungkapnya.

Kebijakan dibebaskan biaya beban karena alasan bencana alam. Tidak ada batasan waktu berapa hari tapi jika ketentuan dibuka kembali tapi masih berada di tempat, maka akan dibebankan biaya tinggal.

Bebas biaya overstay dimulai sejak Selasa (3/11/2015) hingga pihak bandara membuka operasional bandara kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com