Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan Akod, Aplikasi Ojek "Online" Buatan Pemkot Bandung

Kompas.com - 03/11/2015, 17:57 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemkot Bandung menyiapkan aplikasi mirip Go-jek bagi para tukang ojek pangkalan. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Ojek Daerah (Akod).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, aplikasi tersebut akan dibagikan kepada tiap koordinator pangkalan ojek di Kota Bandung.

"Sistemnya itu nanti dipakai hanya untuk koordinator ojeknya jadi mereka menerima pesanan online nanti dia (koordinator) yang menugaskan siapa sesuai antrean karena kultur ojek pangkalan kan beda," kata Emil, begitu sapaan akrab Ridwan Kamil, Selasa (3/11/2015).

Emil melanjutkan, aplikasi yang dirancang tim Institut Teknologi Bandung (ITB) itu tak berbeda jauh dengan aplikasi Go-jek.

Tak hanya jasa transportasi, Akod juga menerima jasa kurir alias pengantaran barang atau dokumen.

"Jadi sistemnya berbasis kelompok nah si operatornya itu yang menerima orderan baik order barang, menjemput atau mengantar antreannya disesuaikan dengan kulturnya. Yang akan kita regulasi adalah rupiah per kilometernya, harganya masih dikaji," papar Emil.

Aplikasi tersebut bakal diluncurkan pada pertengahan Desember mendatang dan akan disebar ke 100 pangkalan ojek di Kota Bandung.

"Pertengahan Desember purwarupanya akan dites dulu di empat lokasi. Selanjutnya Insya Allah hajat hidup ojek pangkalan meningkat karena tak menunggu orang datang tapi juga menerima pesanan dan tidak hanya penumpang saja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com