Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Hentikan Sementara Operasional Bus Wisata Bandung

Kompas.com - 30/10/2015, 13:08 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberhentikan operasional bus wisata Bandung Tour on Bus (Bandros).

Hal itu dilakukannya setelah seorang mahasiswa Universitas Parahyangan, Andy Setiawan Haryanto (19), meninggal setelah jatuh dari lantai atas mobil akibat terjerat kabel yang melintang rendah di Jalan Wastukencana, Rabu (28/10/2015).

"Sementara saya stop dulu sampai hasil menyeluruh saya terima fakta-faktanya. Jadi, hari ini harusnya tidak ada pengoperasian," ungkap pria yang kerap disapa Emil itu di Markas Polrestabes Bandung, Jumat (30/10/2015).

Menurut dia, peristiwa tewasnya Andy bukan tanggung jawab Pemerintah Kota Bandung. Pasalnya, Bandros dikelola oleh pihak ketiga. Emil juga tak mengetahui soal izin operasional bus nyentrik itu.

"Jadi, tidak ada pengelolaan dari Pemkot. Pemkot hanya penggagas selanjutnya diserahkan dengan pihak ketiga yang dikerjasamakan dengan Disbudpar sehingga siapa sopirnya, guide-nya, itu pihak swasta yang mengelola," tuturnya.

Untuk menindaklanjuti persoalan tersebut, Emil telah berkoordinasi dengan pihak Polrestabes Bandung.

"Kronologi kalau dari Pak Kapolres karena dari posisi korban itu berdiri, tidak duduk, dan sudah diingatkan oleh temannya dan pihak guide yang ada di atas. Ini kan prosedurnya begitu," ungkap Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com