Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Kabur Uang Pajak Motor, Oknum Polisi Ditangkap

Kompas.com - 28/10/2015, 21:40 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Seorang oknum anggota polisi diamankan setelah melakukan aksi penipuan di Kantor Samsat Garut, Rabu (28/10/2015).

Oknum polisi tersebut ditangkap setelah membawa kabur uang dan berkas milik warga yang akan membayar pajak kendaraan bermotor.

Dari informasi yang dihimpun, penangkapan tersebut menjadi pusat perhatian para pegawai serta warga yang saat itu berada di sekitar kantor Samsat.

Aksi oknum polisi tersebut diketahui setelah salah seorang warga mengadu ke petugas loket karena berkas miliknya tak kunjung selesai.

Modus yang dilakukan pelaku dengan mendekati calon korbannya dan menawarkan jasa untuk membantu pembayaran pajak agar lebih cepat.

Pelaku juga memperkenalkan diri sebagai anggota polisi yang bertugas di Samsat.

Deden (52), salah seorang saksi menuturkan, jika gaya bicara serta penampilan pelaku sangat meyakinkan. Sehingga korban pun percaya sehingga langsung menyerahkan berkas berikut uang kepada pelaku.

Menurut Deden, korban yang percaya kemudian disuruh menunggu hingga berkas selesai. Namun setelah beberapa jam, berkas miliknya tak juga kembali.

"Saya lihat tadi korbannya menanyakan berkas ke petugas. Tahunya berkas milik korban tidak ada. Korbannya langsung kaget karena tadi sudah menyerahkan ke orang yang mengaku petugas Samsat," ujar Deden di Kantor Samsat Garut, kemarin.

Deden menambahkan, korban langsung terlihat lemas setelah mendapat penjelasan dari petugas jika dirinya telah menjadi korban penipuan.

Sejumlah petugas kepolisian di Samsat langsung mencari tersangka dengan berbekal ciri-ciri yang disampaikan korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com