Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Siapkan Sanksi untuk Sekolah yang Tolak Anak Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 26/10/2015, 15:43 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung mendeklarasikan Bandung sebagai Kota Pendidikan Inklusi.

Deklarasi yang dihadiri guru dan kepala sekolah se-Kota Bandung itu dipimpin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil itu berharap agar Bandung menjadi percontohan sekolah inklusi di Indonesia. Saat ini, ada 46 SD sampai SMA/SMK yang telah mulai menerima anak dengan disabilitas (ADD).

"Semua sekolah di Bandung mulai tahun ini tidak boleh tidak menerima siapa pun, khususnya yang berkebutuhan khusus. Kalau sekolah masih bingung caranya, bisa merujuk ke sekolah tadi," kata Emil di SMA Santo Aloysius, Komplek Batununggal, Kota Bandung, Senin (26/10/2015).

Emil mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan sanksi bagi sekolah yang kedapatan menolak anak dengan kebutuhan khusus tanpa alasan tak jelas.

"Kami rumuskan peraturannya. Kalau ada sekolah yang tidak mau menerima dengan alasan tidak jelas, kita beri ketegasan. Kalau (sekolah) negeri, kita kontrol kepala sekolahnya," ungkap Emil.

Dia menilai, pada dasarnya, manusia lahir dengan keunikan masing-masing. Jangan sampai, kata Emil, perbedaan keunikan itu jadi standar diskriminasi pendidikan.

"Dulu karena keterbatasan dia yang berkebutuhan khusus sekolah jauh, sekarang sekolah di mana saja bisa. Kalau (sekolah) yang rujukan bisa (terima), kenapa yang lain enggak?" kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com