Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Hari Ini Kabut Asap Terparah di Aceh Utara

Kompas.com - 25/10/2015, 16:13 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Kabut asap di wilayah Aceh Utara, Lhokseumawe, dan sekitarnya mencapai kondisi terparah pada Minggu (25/10/2015).

Saat ini jarak pandang di Aceh Utara hanya 200 meter dan sangat berbahaya bagi transportasi laut dan udara.

"Pantauan kami hari ini merupakan terparah kabut asap yang melanda Aceh Utara dan sekitarnya. Biasanya jarak pandang kita paling buruk 500 meter, hari ini hanya 200 meter," kata prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Lhokseumawe Syifaul Fuad kepada Kompas.com, Minggu.

BMKG terus melaporkan perkembangan cuaca kepada pengelola bandara di Aceh. BMKG juga memberikan informasi kepada nelayan agar waspada saat melaut dengan kondisi jarak pandang yang sangat terbatas.

"Jarak pandang yang terbatas ini nelayan harus ekstra hati-hati. Namun, kami tidak berwenang untuk melarang mereka melaut," ujarnya.

Seorang warga bernama Halida Bahri meminta agar pemerintah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe membagikan masker kepada seluruh masyarakat.

"Dengan kondisi kabut asap yang parah ini sudah seharusnya pemerintah membagikan masker secara gratis pada masyarakat," kata Halida.

Kabut asap di kawasan Aceh merupakan akibat dari kebakaran hutan di wilayah Sumatera, antara lain Palembang dan Riau. Kondisi ini sudah berlangsung sejak sebulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com