Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos Ikuti Peluncuran Ekspedisi Kapsul Waktu di Bengkulu

Kompas.com - 12/10/2015, 11:53 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengisi ceramah kebangsaan dalam rangkaian Ekspedisi Kapsul Waktu yang berisi tujuh resolusi Provinsi Bengkulu untuk 70 tahun ke depan atau pada 2085, di Bengkulu, Senin (12/10/2015).

Kedatangan Khofifah ke Gedung Daerah langsung disambut pertunjukan tarian persembahan dari sanggar Salsabilah dan pertunjukan dari para pelajar SLTA Bengkulu.

Kapsul waktu merupakan resolusi bagi kemajuan Indonesia pada 70 tahun yang akan datang. Secara nasional, gerakan ini merupakan gerakan "Ayo Kerja" yang berpegang pada Nawacita.

"Kapsul waktu tersebut berisi visi, mimpi, dan harapan seluruh rakyat Indonesia yang harus diwujudkan melalui kerja keras. Gerakan 'Ayo Kerja' dalam rangka 70 tahun Indonesia merdeka menyulut semangat rakyat Indonesia untuk mengejar mimpi dan harapan dengan bekerja dan terus bekerja," ujar Koordinator Daerah Ekspedisi Kapsul Waktu Provinsi Bengkulu, M Soleh.

Adapun perumusan resolusi dilakukan dengan mengumpulkan 4.000 kertas harapan dari seluruh lapisan masyarakat yang ditulis di kertas menggunakan tinta yang tahan hingga puluhan tahun.

"Ada 4.000 kertas harapan yang kita kumpulkan dirangkum dan dibawa dalam forum diskusi. Resolusi tersebut di-print di atas kertas khusus dengan tinta yang tahan selama puluhan tahun. Nantinya akan ditandatangani Gubernur beserta FKPD dan akan didirikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, perbatasan Papua dan Papua Niugini," ujar dia.

Kapsul waktu tersebut akan dibuka pada tahun 2085 secara nasional. Bengkulu merupakan provinsi kedelapan yang disinggahi oleh kapsul waktu. Selepas dari Bengkulu, kapsul waktu ini akan dibawa ke Bangka dan Lampung, hingga berjalan terus dan berakhir di Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com