Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Dana Hibah Lagi, Ridwan Kamil Terbang ke Inggris

Kompas.com - 12/10/2015, 11:46 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung kembali mendapat dana hibah dari luar negeri. Kali ini, giliran Yayasan Bloomberg dari Inggris yang menggelontorkan sejumlah uang untuk membantu perbaikan lalu lintas atau safety road di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membenarkan kabar itu. Terkait kesepakatan dengan Yayasan Bloomberg, pria yang akrab disapa Emil itu bakal berangkat ke Inggris pada akhir pekan ini.

"Saya akan berkunjung lagi ke Inggris karena Bandung menjadi penerima bantuan road safety dari Yayasan Bloomberg. Kita dapat bantuan dana, saya lupa nilainya, tetapi untuk digunakan selama tiga tahun," ucap Emil di Bandung, Senin (12/10/2015).

Emil menuturkan, bantuan tersebut tak didapat dengan mudah. Dia mengaku mesti berkali-kali meyakinkan pihak yayasan agar Bandung mendapat bantuan tersebut. "Setelah dipilih, Bandung diminta buat proposal hibah ini mau dibuat apa saja. Maka, saya pergi lagi ke Inggris untuk mempresentasikan itu untuk meyakinkan bahwa lalu lintas di Kota Bandung standar keamanannya internasional," kata dia.

Dana tersebut, kata Emil, tak akan sepenuhnya dikelola oleh Pemkot Bandung. Pihak kepolisian juga bakal mendapat bagian untuk menggunakan dana tersebut untuk perbaikan lalu lintas.

"Misalkan jalan yang dua arah jadi searah, ada yang pakai median, upgrade trafik lalu lintas. Nanti yang dapat hibah bukan hanya Pemkot, melainkan kepolisian juga sehingga dalam tiga tahun lalu lintas di Bandung standar keselamatannya meningkat," tutur Emil.

Tak hanya itu, sebagian dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan serta perbaikan fasilitas pendidikan. "Kepastiannya sudah disetujui. Bulan Januari proyek bisa jalan. Programnya untuk dijalankan selama tiga tahun. Biasanya tahun pertama persiapan, kedua pelaksanaan, dan ketiga evaluasi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com