Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri: Masalah Asap, Negara Tetangga Harus Ikhlas

Kompas.com - 08/10/2015, 11:57 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengembalikan keluhan dan kritik kepada negara-negara tetangga yang deras mengalir kepada Pemerintah Indonesia tentang ketidakmampuan Indonesia menangani kabut asap.

Mengawali sambutannya saat membuka kegiatan Pekan Inovasi Desa (PIN) dan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke 17 di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis (8/10/2015), Mendagri membalas kritikan yang didengarnya.

"Jika ada negara tetangga yang ingin membantu Indonesia, maka Pemerintah Indonesia membuka diri. Akan tetapi, bantulah dengan ikhlas, jangan sambil mengklaim dan menyindir. Indonesia masih terus melakukan upaya pemberantasan, tetapi kita juga berhadapan dengan situasi alam," kata Mendagri.

Dia mengatakan, perkebunan sawit yang ada di sejumlah tempat di Indonesia bukan hanya dimiliki pengusaha asal Indonesia, melainkan juga dimiliki oleh pengusaha asal Malaysia dan Singapura.

Saat ini pun, kata Mendagri, Presiden Joko Widodo tengah melakukan peninjauan langsung ke Provinsi Jambi untuk melihat langsung proses pemadaman api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com