Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdengar Ledakan dari Kawah, Pendakian Gunung Ijen Ditutup

Kompas.com - 02/10/2015, 15:53 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pendakian Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso sejak Kamis (1/10/2015) sore ditutup sementara karena terjadi peningkatan aktivitas gunung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Banyuwangi, Pujiadi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/10/2015). "Pendakian ditutup sementara baik untuk wisatawan ataupun penambang belerang," kata Pujiadi.

Pujiadi menjelaskan aktivitas gunung yang memiliki tinggi 2.368 meter dari permukaan laut itu meningkat sejak sepekan terakhir ini. Bahkan, pada Kamis sore terdengar letusan cukup keras sebanyak tiga kali dari dasar kawah.

"Letusan sekitar jam 14.00 dan tidak ada pendaki di jalur atas. Dan untuk keselamatan pendaki maka jalur pendakian kami tutup sementara," tambah dia.

Selain menghentikan aktivitas pendakian, pihaknya juga mengimbau agar para penambang belerang untuk sementara menghentikan aktivitas karena dikhawatirkan aktivitas gunung ini bisa membahayakan keselamatan para penambang.       

Pihak BKSDA tidak bisa memastikan sampai kapan penutupan pendakian dilakukan dan masih melakukan koordinasi dengan pihak PPGA Ijen. Sementara itu berdasarkan laman pihak Badan Geologi mencatat status Gunung Ijen masih normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com