Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candi Gedongsongo Dilirik Jadi Tujuan Wisata Religi untuk Umat Hindu Bali

Kompas.com - 01/10/2015, 18:11 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Pemkab Semarang merespon positif rencana Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali yang akan membuka paket wisata religi ke Candi Gedongsongo.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Semarang, Partono mengatakan, untuk mewujudkan rencana itu pihaknya akan membicarakan hal itu dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. "Untuk izin dan kelancaran harus duduk bersama membahas rencana ini," kata Partono, Kamis (1/10/2015).

Candi Gedongsongo meski bukan tempat ibadah, kata Partono, beberapa kali digunakan umat Hindu untuk menggelar prosesi keagamaan. Sehingga apabila akan ditingkatkan sebagai tempat sembahyang dari para wisatawan Bali, tidak terdapat kendala terlalu besar. Masyarakat disekitar candi juga kooperatif dengan kegiatan tersebut.

"Baru-baru ini ada kegiatan upacara keagamaan, masyarakat di sekitar candi ikut membantu kendati mereka beda keyakinan. Adapun keperluan sesaji, bisa didapat di sekitar Kawasan Wisata Bandungan dan sekitarnya," ungkapnya.

Selain masyarakat yang kooperatif dan tersedianya kebutuhan prosesi keagaamaan seperti sesaji, lanjutnya, di kawasan Candi Gedongsongo juga terdapat sumber air yang biasa digunakan umat Hindu yang menggelar upacara.

"Lokasi sumber air suci memang bukan di dalam candi, tetapi masih satu komplek. Pemkab Semarang juga telah melebarkan jalan masuk hingga parkiran Gedongsongo. Pelebaran jalan dilakukan bertahap melihat ploting anggaran daerah," dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Asita Jawa Tengah, Joko Suratno mengatakan, Candi Gedongsongo yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dilirik beberapa biro wisata dari Bali sebagai tujuan wisata religi.

Selain biro wisata yang tergabung di Asita Bali, rencana ini juga didukung dengan dibukanya rute penerbangan Semarang-Denpasar. Saat ini penerbangan dari Semarang tujuan Bali maupun sebaliknya dilayani maskapai Garuda Indonesia dan Wings Air.

"Namun rute ini hanya ramai oleh wisatawan dari Semarang ke Bali saja. Tetapi Asita Bali kemarin sudah melihat Gedongsongo, mereka tertarik mewujudkan kunjungan wisata religi Tirta Yatra," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com