Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Ada Patung Ganesha di Situs Mataram Kuno di Semarang

Kompas.com - 28/09/2015, 17:22 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Penemuan situs kuno yang terpendam di lahan milik warga Kelurahan Mijen, Kota Semarang, dibarengi kisah keberadaan benda purbakala. Menurut warga setempat, di area lokasi penggalian itu, pernah terdapat sebuah arca Nandi dan Ganesha yang pernah hilang karena dicuri.

"Dulu sekali itu ada patung dan arca di sekitar sini. Ada patung Ganesha juga, tetapi sudah hilang dicuri," kata Asmuni (50), warga setempat yang juga pekerja penggalian, Senin (28/9/2015).

Sejak 1980-an, benda purbakala tersebut masih ada. Setelah dicuri, benda kemudian ditelusuri hingga ditemukan warga sekitar. Benda itu kemudian disimpan di Museum Ronggowarsito, Semarang. Relief sisa-sisa lainnya masih terpasang di jalan depan Kelurahan Mijen.

"Tadinya itu banyak, tapi tidak di sini (lokasi penggalian), ditemukan agak di sebelahnya. Mungkin itu bentengnya," kata Asmuni.

Situs kuno itu yang ditemukan di kedalaman satu meter itu awalnya tidak diketahui warga dan kini telah ditumbuhi pohon mahoni serta untuk perkebunan durian dan nangka. (Baca: Situs Kuno Kerajaan Mataram Ditemukan Terpendam di Semarang)

Koordinator Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Agus Tijanto mengatakan, penggalian di lokasi situs dilakukan untuk mengetahui jejak temuan purbakala tersebut. Kendati demikian, Agus masih belum bisa memastikan apakah temuan itu merupakan peninggalan candi Hindu masa Mataram Kuno atau peninggalan lainnya. "Kami masih kaji materi bahan berupa batu dan motifnya," kata dia.

Berdasarkan hasil proses ekskavasi sementara selama tiga hari belakangan, tim telah menemukan profil batu berbagai bentuk. Ada yang berupa gerigi segitiga dan profil badan situs berbagai ukuran. Semua temuan itu ditandai tulisan DDH 15.

Batu-batu yang ditemukan itu tidak menutup peluang bahwa semua temuan itu adalah peninggalan khas sebuah candi Hindu, seperti halnya Candi Kedung Songo, Dieng, dan Prambanan. Candi memiliki bangunan lingga dan yoni sebagai perwujudan Dewa Shiwa, Nandi (patung sapi), dan Ratna di bagian puncak.

Para pekerja sampai saat ini masih berusaha melakukan penggalian di titik yang lain. Setidaknya, telah ada tiga titik yang digali dengan hasil temuan batu tertata rapi di dalam timbunan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com