Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Blok Khusus untuk Gayus di Lapas Gunung Sindur

Kompas.com - 22/09/2015, 18:25 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Pemindahan terpidana kasus korupsi Gayus Tambunan ke Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur telah dipersiapkan. Salah satunya dengan menambah personel penjagaan di dalam lapas.

Kepala Subseksi Pembinaan Lapas Gunung Sindur Iwan Setiawan mengatakan, persiapan telah dilakukan setelah menerima kabar kepindahan Gayus.

"Informasi kepindahan Gayus kami dapatkan mendadak. Semalam, kami dikabarkan bahwa dia (Gayus) akan dipindahkan ke sini. Untuk itu, kami lakukan berbagai persiapan," ujar Iwan, Selasa (22/9/2015).

Iwan menambahkan, setelah Gayus tiba di Lapas Gunung Sindur, dia akan ditempatkan di blok A.

Blok A disebut blok khusus karena dilengkapi kamera pengawas CCTV di sejumlah titik. Blok tersebut akan dijaga 5 petugas yang dibekali senjata lengkap. Selain itu, ada juga 40 kamera pengawas yang dipasang di tempat ini.

"Blok A terdiri dari 36 ruangan dengan kapasitas satu ruangan untuk tiga orang, yang dilengkapi dengan kamar mandi dan tempat tidur. Nantinya, Gayus dan warga binaan lainnya akan ditempatkan sendiri di ruangan hingga semua ruangan terisi, atau bisa jadi satu ruangan diisi lebih dari satu orang," tambahnya.

Namun, Iwan mengaku bahwa pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan Gayus akan tiba di Lapas Gunung Sindur. Ia juga menyatakan tidak akan memberikan perlakuan istimewa kepada Gayus bila telah menjadi penghuni Lapas Gunung Sindur. Hanya, pengamanannya akan diperketat (baca juga: Gayus Tambunan Dipindahkan ke Lapas dengan Pengamanan Maksimum).

"Untuk Gayus tidak ada yang dikhususkan. Kami memiliki ruang kunjungan khusus. Di sini, penghuni lapas tak akan bertemu langsung dengan pengunjung," pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com