Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Anak Pasutri ini Menderita Thalasemia

Kompas.com - 11/09/2015, 01:48 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pasangan Nurhayati (43) dan Daud Zainal (62), warga Desa Pulo Awe, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireun, Aceh, memiliki lima anak yang menderita thalasemia. Kelimanya adalah dan Zulfikar (20), Yuliati (19), Fuzanur (14), Fariza (13), dan Asmaul Jannah (9).

Thalasemia merupakan penyakit bawaan. Penderitanya menderita anemia (kekurangan sel darah merah) jenis hemolitik.

Pasangan ini mengaku kesulitan biaya untuk mengobati kelima anaknya ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh. Alhasil, kelimanya hanya bisa berbaring di rumah sembari menahan sakit. Tubuh mereka terlihat kurus dan lemah.

Nurhayati, yang baru saja menjalani operasi usus dan tumor, mengatakan, keluarganya tidak menyadari bahwa lima dari delapan anaknya tersebut menderita sakit thalasemia.

"Anak saya waktu lahir normal semua. Mereka mulai terlihat pucat setelah masuk SD. Awalnya saya pikir penyakit kuning biasa, jadi hanya saya bawa ke Puskesmas dan berobat kampung saja,” katanya.

Kelimanya baru didiagnosis menderita thalasemia pada April 2015. Kelimanya kini telah putus sekolah.

“Zulfikar putus sekolah karena sering diejek dan tidak ada yang mau berkawan dengan anak saya karena takut menular penyakit” kata Nurhayati sambil meteskan air mata.

Walau harus menanggung beban yang sangat berat, Nurhayati dan Daud tetap tabah dan sabar menjalani hidup. Mereka hanya bisa menanti uluran tangan para dermawan dan semua pihak yang ingin membantu untuk meringankan penderitaannya.

"Kami sudah tidak tahu harus mendapatkan biaya perawatan anak dari mana. Suami saya sudah tidak sanggup bekerja lagi usianya sudah tua, paling kalau ada orang suruh kupas kelapa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com