Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Ganjar Pranowo Mendadak Punguti Sampah...

Kompas.com - 09/09/2015, 13:29 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendadak beraksi memunguti sampah yang tercecer di Alun-Alun Kabupaten Kebumen, Rabu (9/9/2015). Usai senam bersama dengan ratusan warga Kebumen, ia mendapati beberapa pojok alun-alun dikotori sampah plastik.

Aksi itu dilakukan secara tak terduga. Di sela melihat stan pameran hasil produksi Kebumen dan pameran olahraga nasional, ia berhenti sejenak. Di tempat yang sama, awak media sedang berkumpul, dan sempat dilihat oleh Ganjar.

Saat berada di depan stan National Paralympic Committee, tepat di depan Pendopo Kabupaten, Ganjar memotong sejenak penjelasan pemandu acara. Ia lantas mengajak warga untuk memungut sampah plastik.  "Bentar-bentar. Sebelum dilanjutkan, bagaimana kalau punguti sampah dulu di sana," kata Ganjar.

Di tempat yang ditunjuk tersebut sampah plastik bekas air minum kemasan memang banyak berserakan. Secara seksama warga dan para siswa memungut botol air mineral bekas suguhan pada peserta peringatan Haornas dan membuangnya di tempat yang disediakan.

Akibat Ganjar memungut sampah, ratusan warga pun mengikuti ajakan Gubernur. Termasuk Penjabat Bupati Kebumen Arif Irwanto, sejumlah atlet, dan siswa dari semua jenjang pendidikan.

Di antara mereka, ada sejumlah pemulung yang membawa karung sampah. "Kalau seperti ini jadi bersih. Jadikan sebagai gaya hidup," kata dia.

Aksi memungut sampah itu terjadi sekitar lima menit, namun cukup membuat lahan yang tadinya kotor, berubah menjadi lebih bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com